Sleman Buka Jelajah Wisata Lereng Merapi

10:24 PM

CERITA - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tanggal 24 Agustus 2014 mendatang menggelar wisata trekking Lereng Merapi Dewi Pule 2014. Event dengan jarak tempuh sembilan kilometer di kawasan perbukitan lereng Gunung Merapi bagian selatan, merupakan agenda tahunan untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke DIY, khususnya obyek-obyek wisata di Sleman. 

“Acara trekking Lereng Merapi ini atas kerja sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman dan Desa Wisata Pulesari Wonokerto Turi Sleman yang berada 12 km dari puncak Gunung Merapi,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Ayu Laksmidewi. 

Ayu menambahkan, saat ini wisata trekking sudah menjadi salah satu wisata alternatif yang diminati banyak kalangan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara, karena menawarkan panorama alami nan asri serta menjadi wahana olah raga sekaligus berwisata.

"Jelajah Wisata sudah memiliki pangsa pasar dan pecintanya tersendiri di antaranya pecinta olah raga trekking, pecinta alam, siswa-siswa sekolah, mahasiswa, komunitas fotografer dan masyarakat umum," tegasnya. 

Pengelola Desa Wisata Pulesari, Didik Irwanto mengatakan, rute jelajah cukup ideal bagi komunitas pecinta alam, komunitas pecinta lingkungan, komunitas pramuka, generasi muda maupun masyarakat umum.

Ditargetkan peserta jelajah wisata Lereng Merapi Pule 2014 ini sebanyak 1.000 orang dengan sistem perseorangan dari berbagai daerah, baik dari masyarakat DIY maupun luar DIY. Pendaftaran peserta dimulai 21 Juli hingga 20 Agustus 2014. Pendaftaran akan ditutup apabila quota peserta telah mencapai 1.000 orang. 

"Jalur yang akan dilalui melalui kawasan kebun salak, permukiman penduduk, perbukitan lereng Merapi, Bumi Perkemahan Sidorejo, Bunker dan Gardu Pandang Tunggularum, Dam Sempu," kata Didik Irwanto.
Powered by Blogger.