Taman Buatan Hasil Reklamasi Pantai Singapura

12:06 AM



CERITA - Cukup berjalan lima menit saja dari pusat kota Marina Bay, anda bisa menikmati Taman raksasa yang menjadi habitat bagi lebih dari seperempat juta tanaman langka. Di atas tanah seluas 101 hektar yang merupakan hasil dari reklamasi pantai singapura, taman yang secara harfiah berarti Taman Tepi Teluk ini, berisi kumpulan taman-taman buatan berdesain cantik, yang terdiri dari tiga kebun; Bay South, Bay East, dan Bay Central Gardens.

Perjalanan kita mulai dari area Bay South Garden merupakan taman yang paling luas dibanding dua taman lainnya. Luasnya yang mencapai 54 hektar ini, terdiri dari dua dome besar dan taman terbuka hijau.

Di area ini, pertama anda akan menemukan di 18 Supertree yang futuristis dengan 16 lantai vertikal  yang membuat lanskap terasa lebih mengejutkan dan nyata. Supertree ini bukan hanya sekadar hiasan estetis saja, konstruksinya yang kuat dan aman dengan rangka pencakar langit yang dipinggirannya ditanami tumbuhan menjalar juga berfungsi menampung air hujan, menghasilkan tenaga surya, dan menjadi saluran irigasi untuk konservatori taman tersebut. Jadi anda tak perlu khawatir untuk menikmati berjalan di atas jembatan gantung antara pohon raksasa atau naik ke bar di puncak tertinggi untuk menikmati pemandangan seluruh kebun dari atas ketinggian.

Perjalanan dilanjutkan menuju indoor gardens yang biasa disebut cooled conservatory. Hanya dengan 30 dollar singapura tiket masuknya, anda bisa mengunjungi bangunan berkonsep Cloud Forest dan Flower Dome yang dinobatkan sebagai World’s Building of the Year .

berfitur tempat berteduh dari terik matahari tropis, Flower Dome meniru iklim dingin-kering Mediterania dan kawasan sub-tropis semi arid seperti di Afrika Selatan, dan beberapa bagian Eropa seperti Spanyol dan Italia. Sesuai dengan namanya, di sini terdapat berbagai macam bunga cantik dan langka bermekaran. Tak hanya bunga, pohon, dan kaktus dari berbagai belahan bumi seperti Australia, Afrika, Amerika, Eropa, hingga Timur Tengah ada disini. Jika anda berkunjung di malam hari, lampu-lampu beraneka warna ikut memeriahkan suasana di dalam dome yang memakai kaca khusus yang tidak menyerap sinar panas matahari.

Selesai menikmati Folwer Dome, perjalanan dilanjutkan menuju Cloud Forest. disni anda akan disambut air terjun buatan setinggi  35 meter yang menyita perhatian. Mengadaptasi iklim dingin berembun yang bisa anda ditemukan di kawasan Tropis Montane pada ketinggian antara 1.000 sampai 3.500 meter dari permukaan laut ini, terdiri atas 7 yang jika ingin mencapai puncaknya anda bisa menggunakan lift, Lalu berjalan turun melalui koridor besi yang dibuat mengelilingi air terjun. Pengunjung akan dibuat seolah berjalan di udara ditemani berbagai macam-macam bunga yang terancam punah seperti nepenthes (tanaman pemakan serangga, kantong semar) dan anggrek hutan.

Selesai menjelajah area Bay South Garden , anda jangan terlupa area Bay East Garden yang tak kalah mengesankannya. Berisi kombinasi unik paviliun-paviliun nan cantik, dataran yang subur, pohon kelapa dan berbagai jenis bunga, santa sempurna menjadi tujuan jalan-jalan sore atau berpiknik bersama keluarga dan teman-teman. Bay East Garden juga menawarkan pemandangan yang luar biasa dari gedung-gedung pencakar langit di kawasan finansial Marina Bay di sepanjang pinggir teluk sejauh dua kilometer.

Dan terakhir adalah area Bay Central Garden yang menjadi penghubung antara Bay South dan East Bay Gardens. berdiri di atas tanah seluas 15 hektar dengan tepi balkon sepanjang 3 kilometer, memungkinkan anda melihat indahnya timur pusat kota Singapura sambil jalan-jalan.



Powered by Blogger.